Pembaruan Roku OS 10.5 yang baru-baru ini dirilis adalah bencana kecil bagi perusahaan, yang menyebabkan banyak keluhan di media sosial dan di forum Roku dari pengguna yang tidak lagi dapat melakukan streaming acara favorit mereka. menyelesaikan masalah, tetapi Solusinya belum tersedia. Sebagai gantinya, Roku mengembalikan pembaruan 10.5 sehingga pelanggannya dapat terus menggunakan perangkat mereka.
Oasisamuel/Shutterstock
Pengguna Roku mulai memposting tentang masalah streaming mereka setelah pembaruan 10.5 pada hari Senin. Roku telah merilis beberapa pembaruan tentang masalah ini sejak saat itu, dan sementara dikatakan masih menyelidiki masalah tersebut, ia kembali dengan beberapa detail tambahan tentang apa yang terjadi.
Menurut informasi yang dibagikan oleh perusahaan di forumnya, bug pembaruan 10.5 memengaruhi beberapa perangkat streaming Roku Ultra yang lebih lama, serta beberapa TV Roku yang lebih lama. Efeknya tampaknya sedikit berbeda untuk pengguna, tetapi keluhan umum termasuk jeda pemutaran video dan ketidakmampuan untuk melakukan streaming video. Di aplikasi populer seperti Disney+, Netflix, HBO Max, dan lainnya.
Roku bekerja untuk membuat penggunanya kembali ke streaming segera dengan membatalkan pembaruan perangkat lunak. Perusahaan telah menginstruksikan pemilik model Roku Ultra 4660, 4661, 4662, dan 4670 untuk secara manual memeriksa pembaruan perangkat lunak.Pemilik Roku TV 7XXX juga harus memeriksa untuk melihat apakah pembaruan tersedia.
Pengguna dapat memeriksa pembaruan rollback secara manual dengan membuka menu pengaturan OS Roku, lalu memilih Sistem > Pembaruan Sistem > Periksa Sekarang. Meskipun setiap pengguna Roku dapat memutar kembali perangkat lunak mereka, perusahaan mengatakan bahwa hanya pengguna yang terpengaruh oleh bug ini yang harus memutar kembali ke versi perangkat lunak mereka sebelumnya.
Penyebaran masalah YouTube TV
Pengguna Roku telah melaporkan masalah menggunakan YouTube TV, tetapi masalah khusus ini mungkin bukan karena pembaruan OS Roku. Sekitar waktu yang sama ketika pengguna Roku mulai memposting keluhan tentang pembaruan 10.5, pelanggan YouTube TV di platform lain mengatakan mereka mengalami masalah dalam menggunakan platform di berbagai perangkat.
Beberapa pengguna telah melaporkan masalah yang berlangsung hampir satu minggu atau lebih, tetapi tidak jelas berapa lama masalah streaming memengaruhi layanan TV langsung YouTube. Berdasarkan laporan, tampaknya bug apa pun yang memengaruhi YouTube TV menyebabkan layanan sering macet, membuat menonton acara menjadi sulit atau tidak mungkin.
Waktunya tidak menguntungkan bagi pemotong kabel, tetapi masalah TV YouTube dan masalah pembaruan OS Roku tampaknya tidak terkait dengan cara apa pun — meskipun jika YouTube mendorong pembaruan sebelum Roku, beberapa pengguna Roku masih dapat mengalami masalah saat menonton YouTube TV kecuali mereka mundur dari program mereka.
temukan kesalahan dan selesaikan
Jika Anda adalah pengguna Roku TV yang terpengaruh oleh pembaruan 10.5, Anda harus mencoba mem-flash kembali perangkat Anda ke pembaruan perangkat lunak 10.0 menggunakan metode pembaruan manual yang disebutkan di atas. Jika pembaruan perangkat lunak tidak tersedia di perangkat Anda, Anda mungkin berhasil mendapatkannya dengan menghubungi Roku secara langsung untuk mendapatkan bantuan, setidaknya berdasarkan beberapa laporan dari pengguna.
Jika Anda adalah pengguna YouTube TV dan tidak dapat menggunakan layanan di perangkat selain Roku, opsi Anda sangat terbatas. YouTube belum memberikan solusi resmi untuk masalah ini, jadi kemungkinan terbaik Anda adalah mencoba menggunakan layanan di perangkat lain. Tidak jelas berapa banyak platform yang terpengaruh oleh masalah ini, tetapi ada kemungkinan bug tersebut tidak akan memengaruhi setiap perangkat streaming yang Anda miliki.