Gres

9 Cara mengecilkan perut buncit secara mudah & alami, Serta 6 Penyabab Perut Buncit

cara mengecilkan perut buncit

Siapa sih diantara kita yang suka dengan perut buncit? Nyatanya, di zaman yang serba modern ini semakin banyak orang yang mengalami masalah dengan perut buncit. Tak sedikit juga diantara mereka yang memiliki kesulitan untuk menemukan cara mengecilkan perut buncit yang mengganggu penampilan ini.

Perut merupakan bagian yang paling mudah untuk melar. Hal ini disebabkan karena perut adalah salah satu bagian tubuh yang mempunyai elastisitas tinggi dan paling mudah berlemak. Pada kenyataannya, perut buncit tidak hanya selalu dialami oleh orang yang mengalami masalah dengan berat badan yang berlebih saja. Orang-orang yang memiliki badan proporsional atau kurus pun dapat mengalami masalah dengan perut buncit.

Memiliki perut buncit sudah pasti dapat membuat penampilan seseorang kurang menarik, dan terkadang kita disangka seperti orang hamil. Ditambah lagi udah perut buncit masih jomblo pula, strikee! Enggak banget kan memiliki perut buncit dimasa kejombloanmu, gimana mau dapat pasangan kalau merawat diri aja gak bisa, ya gak? Selain dapat mengurangi nilai penampilan fisik kita, ada banyak sekali kesusahan yang menanti kamu ketika bersama dengan perut buncit. Tak heran, ketika sudah terlanjur melar, banyak sekali orang yang getol ingin menemukan cara mengecilkan perut buncit mereka. Selain berhubungan dengan penampilan diri, ternyata perut buncit juga dapat membuat banyak masalah terhadap kesehatan tubuh. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa penderita penyakit stroke, serangan jantung, dan diabetes, dominan terjadi karena perut buncit yang tergolong parah.

Penyebab Perut Buncit

penyebab perut buncit

Penyebab dari perut buncit sangat banyak sekali. Penyebab dari munculnya gunung di bagian depan ini terkadang secara sadar dan tidak sadar kita lakukan. Menjaga bentuk tubuh yang proporsional sudah pasti bukan perkara yang mudah. Menjaga pola hidup yang sehat dan teratur membutuhkan yang namanya perjuangan dan juga dedikasi yang tinggi. Berikut ini adalah penyebab perut buncit yang perlu kamu ketahui sebelum kamu mencoba cara mengecilkan perut buncitmu.

1. Jarang berolahraga

Banyak sekali penyebab dari kamu mempunyai perut buncit, salah satunya adalah kemalasan kamu dalam menjalankan aktivitas olahraga sehingga lemak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut jarang dipergunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan juga kalori yang terjadi disana sangatlah minim sekali. Hal tersebut sudah pasti dapat membuat perut menjadi seksi dengan bentuk seperti bukit berbunga. Ditambah lagi jika kamu sering duduk, makan, braktifitas di depan komputer atau laptop, maupun gadget setiap harinya. Mau jadi apa perut ini?

2. Mengonsumsi makanan ringan

Meski ini terkadang dianggap remeh, tapi dengan kamu keseringan nyemil, secara langsung tindakan ini adalah salah satu kontribusi terbesar dari munculnya perut buncitmu. Usahakan untuk menghindari makan-makanan ringan yang memiliki banyak kandungan pemanis buatan dan perasa makanan yang berlebih.

Makanan ringan atau snack atau biasa kita sebut chiki (meski ini adalah merek makanan ringan) memiliki banyak sekali kandungan pemanis buatan dan juga perasa makanan kimia yang tidak akan dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan kita. Hal ini sudah pasti dapat menyebabkan usus menjadi terganggu.

3. Makan sebelum tidur

Apakah kamu salah satu dari golongan orang yang selalu merasa lapar sebelum tidur atau tidak dapat tidur dalam keadaan lapar? Sebenarnya tubuh memang secara alami membakar sebagian timbunan lemak ketika kita sedang tidur, akan tetapi ketika kamu tidur dengan keadaan perut yang penuh maka tubuh tidak akan dapat membakar secara efektif. Hal tersebut, sudah pasti akan menambah volume timbunan lemak dalam perut kamu.

Tidak hanya makan sebelum beranjak tidur saja, bahkan ketika kita berbaring dalam keadaan perut kenyang dapat menyebabkan risiko terkena refluks asam lambung dan juga gangguan pencernaan lho. Hal ini terjadi akibat perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak dapat menarik makanan di perut menuju bagian bawah tubuh.

Oleh sebab itu, jangan jadikan kebiasaan makan sebelum tidur. Setidaknya 2 hingga 3 jam sebelum tidur kamu makan. Hindari juga langsung berbaring ketika selesai makan. Apabila memang dalam keadaan yang lapar sebelum tidur, cobalah untuk mengonsumsi buah yang sudah pasti jauh lebih menyehatkan.

4. Kurang tidur

kurang tidur

Pada umumnya orang dewasa harus mendapatkan 7 hingga 8 jam waktu tidur setiap harinya. Ketika waktu tidur kamu terbatasi dan kurang, maka tingkat kortisol atau hormon stres akan meningkat dan dapat menyebabkan kamu mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk pengganti tenaga yang tidak didapat karena kurangnya jam tidur.

Dengan kamu tidur cukup dan berkualitas setiap harinya, kamu akan dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi hormon yang dapat mengontrol nafsu makanmu.

5. Alkohol

Kamu harus tahu bahwa mengonsumsi alkohol yang berlebih dapat menjadi salah satu pemicu utama dari perut buncit. Minuman yang memiliki kandungan alkohol tidak hanya berguna untuk mabuk-mabukan saja, tapi juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain, salah satunya ya perut buncit.

Alkohol memiliki kandungan kalori dan gula yang sangat banyak atau bisa dibilang berlebih bagi kebutuhan tubuh kita. Kelebihan kadar kalori dan gula sama sekali tidak ada manfaatnya bagi tubuh kita. Selain itu, dapat menjadi celah bagi penyakit untuk bisa masuk ke dalam tubuh. Apabila kamu masuk dalam kategori pecandu alkohol, cobalah untuk mengurangi kebiasaan dan menghilangkannya agar kesehatan kamu tetap terjaga.

6. Merokok

Merokok adalah salah satu dari penyebab perut buncit, tetapi rokok juga dapat mengurangi berat badan. Sebagian orang menggunakan alasan tentang merokok agar tidak gemuk. Pada kenyataannya, penelitian juga mengungkapkan bahwa alasan tersebut hanyalah sekedar alasan. Bukan malah membuat seseorang menjadi kurus, perut buncit iya. Para ilmuwan dari University of Glasgow menemukan bahwa merokok malah mendorong lemak menuju daerah inti tubuh yang mana perut menjadi lebih besar dan ini membuat tubuh kita menjadi tidak ideal.

Cara mengecilkan perut buncit

Setelah kita membahas dan mengetahui apa saja yang jadi penyebab perut buncit, sudah saat kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang membuat kamu tidak PD ketika tampil atau bertemu dengan seseorang. Banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan perut ramping dan seksi kok. Mulai dari berolahraga hingga menggunakan cara tradisional.

Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga

Cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga

Untuk bisa mengecilkan perut tidak harus melakukan olahraga yang berat dan ekstrim kok. Untuk mengecilkan perut, kamu bisa menggunakan latihan-latihan sedernan yang tidak menguras tenaga namun efektif untuk mengecilkan perut buncitmu.

Baik perempuan ataupun laki-laki, melakukan olahraga adalah salah satu cara termudah dan paling ampuh untuk menyingkirkan lemak berlebih di perut secara praktis dan mudah. Daripada makin ribet, dan mimin bingung buat kata-katanya. Simak aja deh informasinya di bawah ini.

1. Cardio

berenang

Cardio adalah salah satu bentuk latihan yang melibatkan seluruh bagian tubuh manusia seperti berenang, berlari, bersepeda dan sebagainya. Dengan melakukan latihan cardio, otot-otot tubuhmu akan bekerja mulai dari otot betis, otot paha, otot perut, otot punggung, pundah dan juga lengan.

2. Yoga

Kalau sudah berbicara yoga, siapa sih yang gak tahu? Kalau ada yang gak tahu mimin cuma bisa nulis ke kamu "Norak deh lo! haha". Baiklah, karena mimin baik, akan mimin jelaskan apa itu yoga. Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada pernapasan, kelenturan tubuh, dan juga kekuatan. Penelitian yang dilakukan di India menyatakan bahwa yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat menghilangkan gas berlebih dalam perut, sehingga dapat melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan di perut.

Melatih serta melaraskan tubuh dan juga pikiran agar lebih rileks dapat memacu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efisien. So, mulailah untuk berlatih yoga selama 10 hingga 20 menit setiap hari agar metabolisme tubuh menjadi lancar secara maksimal.

3. Sit-up dan push-up

Sit-up

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan push-up dan juga sit-up. Namun, sudah pasti kamu wajib melakukan latihan ini secara rutin untuk mendapatkan perut rata dan seksi.

Lakukan 10 kali push up dan 10 kali sit up. Naikkan intensitas jumlah latihan setiap harinya. Hal ini akan dapat membantu mempercepat proses mengecilkan perut buncitmu.

Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, sangatlah bermanfaat untuk mengontrol nafsu makanmu karena dapat menyebabkan rasa mudah kenyang.

Cara mengecilkan perut buncit dengan cara tradisional

Cara mengecilkan perut buncit dengan cara tradisional

Apabila kamu tidak memiliki cukup banyak waktu luang untuk bisa menjalankan waktu olahraga akibat kerjaan dan sebagainya meski mimin hanya bisa berkata kamu sok sibuk jadi orang. Mimin akan memberikan sedikit tips mengecilkan perut buncit dengan memanfaatkan bahan tradisional yang telah terbukti manfaatnya (kurang baik apa nih mimin? :D).

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan tanaman herbal yang telah dimanfaatkan secara turun temurun oleh masyarakat. Tanaman herbal juga sekarang kini banyak hadir dalam bentuk kemasan yang siap digunakan. Untuk pembelian kamu bisa datang ke toko herbal atau apotik.

Tidak ada salahnya kan mencoba mengecilkan perut buncit kamu yang kayak hamil 7 bulan dengan cara alami. Selain aman dan tanpa efek samping, metode ini juga menjauhkanmu dari kanker (kantung kering).

4. Mengonsumsi teh hijau

Teh hijau adalah hasil alam yang memiliki banyak khasiat. Sejak dulu teh hijau telah dipercaya menjadi salah satu bahan untuk menurunkan berat badan dan juga mengecilkan perut buncitmu.

Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal dari teh hijau, minumlah teh hijau secara rutin sebelum kamu makan. Dan pastikan juga bahwa kamu meminum teh hijau tanpa menggunakan gula. Dengan meminum sebelum makan, secara otomatis perut kamu akan terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja porsi makan kamu akan terkurangi.

Teh hijau juga dapat membantu memperlancar proses metabolisme tubuh, yang tentu saja ini akan dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuhmu. Selain itu, teh hijau juga kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk mencegah kanker dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

5. Mengonsumsi Teh jeruk nipis

Kamu tidak hanya harus menggunakan jasa dari teh hijau, kamu juga bisa menggunakan teh biasa yang dikombinasikan dengan sari air perasan jeruk nipis. Hanya dengan menyiapkan sekantung teh atau bisa juga dengan memanfaatkan 3 sendok teh dan 1 jeruk nipis, dan juga segelas air panas. Seduhlah teh dan campurkan dengan perasan air jeruk nipis ke dalamnya. Konsumsilah secara rutin untuk menghilangkan perut buncitmu.

6. Mengonsumsi madu dan Jahe

madu dan jahe

Madu salah satu hasil alam yang memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh kita. Madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncitmua. Madu juga mengandung zat yang dapat membakar lemak dalam tubuh secara tak langsung yang disebut dengan fruktosa.

Sedangkan jahe, secara alami dapat menekan nafsu makan seseorang sehingga kamu bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar daripada biasanya.

Cara membuatnya cukup mudah. Hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok makan jahe di dalam gelas dan seduh dengan air panas. Minumlah 2X sehari.

Cara mengecilkan perut buncit dengan diet

Cara mengecilkan perut buncit dengan diet

Cara sakti dan ampuh dalam mengecilkan perut buncit berikutnya adalah dengan diet. Di sini, diet yang dimaksud bukanlah diet yang ketat dan ekstrim. Bukan juga dengan mengurangi frekuensi makan yang biasanya 3X menjadi 2X atau bahkan hingga 1X. Diet yang kami maksud adalah dengan mengatur pola makan. Baik dari segi waktu, jumlah porsi makan, dan juga jenis makanan.

Diet yang tepat untuk mengecilkan perut dapat dilakukan dengan mengikut langkah-langkah di bawah ini:

7. Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buah merupakan makanan yang rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan pastinya tinggi serat. Kandungan serat yang ada pada buah dan sayur dapat membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik sehingga dengan lancar melarutkan lemak dalam tubuh.

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi 14 gram serat setiap hari dapat membantu menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen dan dapat mengurangi 4 persen lemak di perut, WOW.

8. Membatasi makanan dengan kadar gula yang tinggi

Membatasi makanan dengan kadar gula yang tinggi

Ada 2 macam gula yang ada pada makanan, yakni fruktosa dan juga glukosa. Fruktosa adalah gula yang hanya bisa dimetabolisme di hati dalam takaran tertentu saja. Apabila kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan kadar gulanya, hati kamu tidak akan mampu memetabolisme seluruh fruktosa dan hanya dapat mengubahnya menjadi kumpulan lemak yang menumpuk di bagian perutmu.

9. Tidak makan menjelang tidur

Salah satu penyebab utama dari perut buncit yang sudah dijelaskan di atas adalah makan sebelum tidur. Oleh sebab itu, hindarilah makan tepat sebelum kamu tidur. Diperlukan waktu hingga 2-3 jam bagi makanan untuk bisa diproses.

Karena ketidak adanya aktivitas sebelum tidur hanya akan membuat kalori yang masuk dalam tubuhmu menjadi sebuah lemak dan bukan menjadi energi.

Itulah penyebab dan cara mengecilkan perut buncit. Ingatlah bahwa hal terpenting untuk mencapai kesuksesan adalah komitmen yang tinggi dan konsisten. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *